Arief Ramadhan Seorang Blogger Pekanbaru Penikmat Kuliner & Wisata. SEO Expert Pekanbaru & Digital Marketing Pekanbaru.

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

2 min read

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas – Tidak semua orang bisa membeli mobil dalam keadaan baru. Karena kondisi keuangan pengguna roda empat lebih memilih membeli mobil bekas di dealer showroom terpercara seperti halnya SEVA pusat mobil murah.

Di pembahasan awal Anda tidak akan diajak membahas tentang SEVA. Namun lebih kepada tips dan trik membeli mobil bekas berkualitas.

Tips membeli mobi bekas agar tidak salah pilih

Selain karena kurangnya budget, membeli mobil juga bisa disadarkan oleh alasan lain. Seperti ingin segera dipakai, variasi merk dan harga beragam, depresiasi harga kecil hingg masalah kualitas.

Keuntungan membeli mobil bekas mungkin sangat menggiurkan. Namun agar tak salah pilih, perhatikan seputar tips mencari mobil bekas di bawah ini:

  1. Jangan tergiur harga miring

Saat membeli mobil bekas, satu yang paling harus Anda perhatikan adalah harga serta kualitas. Jangan tergiur harga murah tanpa mengetahui kondisi mobil yang akan Anda beli.

Anda juga harus berhati-hati saat penjual memasang harga terlampau rendah dari harga di pasaran. Bisa jadi karena alasan riwayat dari mobil tersebut atau karena tujuan marketing.

  1. Cek Tanggal service

Selain masalah harga, hal yang tak kalah penting lainnya adalah masalah tanggal service. Saat Anda membeli mobil bekas, jangan lupa untuk menanyakan tentang catatan servicenya.

Dari catatan tersebut Anda dapat melihat apakan si pemilik sebelumnya rutin melakukan service. Tak hanya itu, Anda juga harus melihat di mana srvice mobil tersebut di lakukan sebelumnuya.

Catatan service ini sangat penting karena menyangkut dengan performa mobil yang akan Anda beli. Jika memang ada, pilihlah mobil yang riwayat servicenya dari bengkel resmi.

  1. Jangan lupa cek bagian body mobil

Demi kenyamanan Anda kedepannya, saat membeli mobil bekas jangan lupa cek seluruh bagian bodynya. Ini meliputi komponen kaca mobil, kap mesin, dan pintu mobil.

Lihat juga kondisi cat pada mobil yang akan Anda beli. Apakah ada warna yang belang atau mungkin ada bagian yang tergores atau penyok.

Dan yang paling krusial saat mengecek eksterior mobil bekas adalah struktur rangka utama mobil yang akan Anda beli. Pastikan chasis atau rangka mobil masih dalam keadaan prima, tidak ada bekas tabrakan atau perbaikan.

  1. Cek Kondisi Dalam dan Aksesoris Mobil

Sebelum membeli mobil bekas, pastikan Anda mengecek kondisi dalam mobil atau interior beserta aksesorisnya. Beberapa komponen interior yang perlu Anda cek seperti AC mobil, sistem audio dan switch lampu pada mobil.

Pastikan semua komponen tersebut bekerja dengan baik tanpa ada cacat. Anda juga perlu memperhatikan sistem keamanan seperti sabuk pengaman apakah masih dapat berfungsi dengan baik.

Selain itu, Anda juga perlu mengecek jok depan dan belakang mobil, apakah masih nyaman untuk digunakan atau tidak. Cek juga dashboard, langit-langit mobil serta karpetnya.

Baca juga : Alasan Mengapa Harus Membeli Mobil Bekas

  1. Periksa Kondisi Mesin

Memeriksa kondisi mesin adalah bagian yang sangat penting untuk sebelum membeli mobil. Buka kap mesin pada mobil lalu cek kelengkapan serta fungsi mesin mobil.

Anda bisa mencoba starter mobil yang akan dibeli. Apakah starternya mudah dan tidak menimbulkan suara mesin yang kasar. Pastikan juga Anda mengecek apakah ada kebocoran atau tidak saat mengecek mesin mobilnya.

Selain itu, untuk merasakan mobil itu masih memiliki mesin yang bagus atau tidak, Anda bisa meminta kepada penjual untuk melakukan test drive. Anda bisa merasakan sendiri mesin mobil, rem, transmisi, ban hingga kenyamanan mobil tersebut.

  1. Mengecek Kelengkapan Dokumen Mobil

Setelah selesai mengecek kondisi eksterior, interior maupun mesin mobil, selanjutnya Anda perlu mengecek kelengkapan dokumen mobil yang Anda beli. Periksa STNK, BPKB dan faktur.

Lalu, cocokkan nomor rangka dan nomor mesin mobil, pastikan kondisi mobil sesuai yang ada pada surat-surat. Pastikan pula STNK dan BPKB mobil yang akan Anda beli sesuai dengan nama pemiliknya.

SEVA.id pusat mobil murah terpercaya

Membeli mobi kini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Seperti contohya membeli mobil di SEVA pusat mobil bekas dan baru dari PT Astra Digital Internasional.

SEVA adalah salah satu marketplace yang menawarkan layanan super lengkap dan kredibel. Layanan dari SEVA tersebut meliputi jual beli mobil bekas, tukar tambah mobil dan pengadaan suku cadang resmi.

Selain itu, SEVA juga melayani booking service, property, hingga merambah ke  jasa keuangan.

Pada website resminya, ia banyak memasang tipe dan merk mobil seperti, Toyota, UD Truck, BMW Izusu, Peugeot dan juga Daihatsu. Ia juga menyediakan mobil bekas murah serta layanan inspeksi mobil bekas secara gratis.

Semua jenis mobil yang dijual di  SEVA pusat mobil bekas sesuai dengan rekomendasi expert. Sehingga sangat terja kualitas baik mesin, body dan aksesorisnya.

SEVA.id adalah inovasi yang memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk jual beli mobil bekas maupun baru. SEVA pusat mobil murah dan terpercaya adalah rekomendasi utama untuk mendapatkan mobil yang Anda impikan.

Sumber:

https://otospector.co.id/blog/tips-memilih-mobil-bekas-berkualitas

https://amp.kompas.com/otomotif/read/2020/06/22/142100115/agar-tak-salah-pilih-begini-tips-membeli-mobil-bekas

https://m.liputan6.com/otomotif/read/3671654/10-tips-sebelum-membeli-mobil-bekas

Arief Ramadhan Seorang Blogger Pekanbaru Penikmat Kuliner & Wisata. SEO Expert Pekanbaru & Digital Marketing Pekanbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *