Arief Ramadhan Seorang Blogger Pekanbaru Penikmat Kuliner & Wisata. SEO Expert Pekanbaru & Digital Marketing Pekanbaru.

Cara Daftar Ahrefs Webmaster Tools

3 min read

Daftar Ahrefs Webmasters Tools

Cara Daftar Ahrefs Webmaster Tools – Ahrefs Webmaster Tools merupakan salah satu tools SEO yang diberikan secara cuma – cuma oleh Ahrefs untuk menganalisa website / blog yang kita miliki secara pribadi. Kita dapat mendaftarkan lebih dari 1 blog ke dalam ahrefs webmaster tools.

Kekurangan dari tools ini adalah tidak dapat menganalisa website kompetitor, untuk itu kita harus menggunakan ahrefs yang versi berbayarnya.

Adapun beberapa hal yang dapat kita lakukan setelah mengkoneksikan website / blog yang kita miliki dengan ahrefs webmaster tools adalah :

  • Menganalisa backlink yang dimiliki sebuah website / blog,
  • Melihat top pages atau halaman yang paling banyak menyumbang trafik,
  • Menganalisa kata kunci apa aja yang ada di dalam website / blog milik kita, dan melihat posisi kata kunci tersebut di serp.

Sebenarnya masih banyak lagi hal – hal yang dapat kita manfaatkan. Tetapi, secara garis besar 3 hal diatas sudah sangat powerfull kita gunakan untuk menganalisa perkembangan website / blog yang kita miliki.

Nah, bagaimana sih cara daftar dan menggunakan Ahrefs Webmaster Tools ini? Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara daftarnya saja terlebih dahulu. Untuk detail cara memanfaatkannya akan kita lanjut pada artikel postingan selanjutnya.

Cara Daftar Ahrefs Webmaster Tools

Cara mendaftarkan website / blog yang kita miliki ke ahrefs webmasters tools pun sangat mudah, hanya dengan beberapa langkah saja. Simak cara dibawah ini hingga selesai ya.

Daftar di Ahrefs

Pertama kamu dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu di ahrefs. Silahkan daftar melalui link https://ahrefs.com/webmaster-tools. Kamu dapat melakukan pendaftaran melalui 3 cara yaitu dengan menggunakan akun google, menggunakan akun facebook, dan juga menggunakan email.

Daftar Ahrefs Webmasters Tools
Daftar Ahrefs Webmasters Tools

Saran, silahkan daftar dengan menggunakan email aktif ataupun dengan akun google yang kamu miliki. Daftar disini gratis, dan silahkan tunggu email verifikasi yang dikirimkan ke email kamu. Dan lalukan verifikasi email terhadap akun ahrefs kamu.

Add Project

Setelah kamu verifikasi email kamu, silahkan login ke akun ahrefs yang berhasil kamu buat. Selanjutnya kamu dapat nenambahkan project dengan klik “Add Project“.

Add Project Ahrefs Webmasters Tools
Add Project Ahrefs Webmasters Tools

Create Project

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan domain url website / blog yang kamu miliki. Ingat masukkan tanpa http:// atau https:// ya. Cukup masukkan domain.com atau www.domain.com saja.

Biarkan Ahrefs loading sejenak, dan jangan lupa saya sarankan untuk mengganti project name dengan nama baru untuk lebih estetis dan mudah di ingiat. Atau kamu juga dapat membiarkannya secara default.

Buat Poject Ahrefs Webmasters Tools
Buat Poject Ahrefs Webmasters Tools

Selanjutnya silahkan kamu klik tombol Continue.

Verify Ownership

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memverifikasi bahwa website / blog adalah benar milik kamu pribadi. Ada 4 metode verifikasi yang dapat kamu lakukan. Saran sih kamu dapat menggunakan verifikasi dengan metode¬† “HTML tag“.

Verifikasi Ownership Ahrefs Webmasters Tools
Verifikasi Ownership Ahrefs Webmasters Tools

Silahkan masukkan kode yang yang diberikan oleh Ahrefs pada HTML tag tadi, masukkan tepat dibawah <head> atau sebelum tag <body> di dalam kodingan website / blog kamu. Atau, bagi kamu yang tidak terbiasa dan menggunakan platform WordPress kamu dapat menggunakan plugin Insert Headers and Footers by WPBeginner.

Tips : Bagi rekan – rekan yang menggunakan CMS Blogspot silahkan tambahkan tanda “/” pada bagian sebelum akhir dari kode yang diberikan ahefs.

Kode sebelumnya : <meta name=”ahrefs-site-verification” content=”kode unik nya”>

Kode setelahnya : <meta name=”ahrefs-site-verification” content=”kode unik nya”/>

Lihat pada tanda “/” yang berwarna biru.

Setelah kamu berhasil meletakkan kode HTML tag tadi, jangan lupa untuk klik tombol “Recheck status” dan jika behasil hijau selanjutnya kamu tinggal klik Continue.

Recheck Status
Recheck Status

Tips : Jika kamu menggunakan Plugin Cache, terlebih dahulu hapus cache baru kemudian klik Recheck status.

Schedule Site Audits

Selanjutnya kamu akan diminta untuk mesetting waktu audits terhadap website / blog yang kamu miliki. Kamu dapat mesetting harian, mingguan dan bulanan. Saya biasanya menggunakan settingan seperti dibawah ini.

Schedule site audits
Schedule site audits

Selanjutnya kamu silahkan Klik tombol Finish, dan ahrefs akan memulai mengcrawling website / blog yang telah kamu daftarkan.

Crawling Website & Site Audit

Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman Site Audit dimana Ahrefs akan memulai mengcrawling data, dan setelah selesai kamu akan ditampilkan data yang akan kamu dapatkan dari ahrefs.

Proses Crawling Website
Proses Crawling Website

Fitur Gratis Apa Saja Yang Bisa Diakses?

Ketika kamu telah mendaftarkan dan memverifikasi website / blog kamu, ada 3 fitur yang dapat kamu gunakan secara gratis untuk mengalisa dan mangaudit website / blog yang kamu miliki.

  • Site Explorer,
  • Site Audit, dan
  • Alert.

Site Explorer

Pada bagian ini kamu dapat melakukan analisa website / blog yang sudah diverifikasi sebelumnya. Jadi, fitur ini dapat digunakan secara gratis hanya pada website / blog yang sudah terverifikasi.

Adapun beberapa fitur gratis yang dapat dimanfaatkan pada Site Explorer ini adalah :

  • Pada bagian Backlink Profile, kita dapat melihat sumber backlink, referring domain, anchor text dan lainnya.
  • Pada bagian Organic search, kita dapat melihat organic keywords, top pages, top sub folder, dan lainnya.
  • Pada bagian Pages, kalian dapat menggunakan fitur best by links, best by link growth, dan top content.
  • Pada bagian Outgoing Links, kalian dapat menggunakan semua fitur pada bagian ini.
  • Bagian Paid search.

Site Audit

Kalian dapat melihat hasil audit terhadap website / blog yang sudah kamu verifikasi sebelumnya melalui url https://ahrefs.com/site-audit. Dan kamu juga dapat menambahkan project website / blog baru untuk di Audit.

New Project Site Audit
New Project Site Audit

Silahkan cek masalah apa yang terjadi di website / blog kamu, kemudian perbaiki apa saja kesalahan yang muncul hasil dari audit ahrefs tersebut sehingga mendapatkan skor hijau atau bisa mendapatkan skor 100.

Alert

Alert Ahrefs Webmasters Tools
Alert Ahrefs Webmasters Tools

Pada bagian ini kita dapat mensetting alert yang akan dikirimkan ke email yang kita daftarkan mengenai backlink dan keyword baru yang masuk di website / blog kita.

Demikian informasi seputar Cara Daftar Ahrefs Webmaster Tools yang dapat saya sharingkan. Semoga informasi yang singkat diatas menjadi ilmu yang baru bagi rekan – rekan semuanya. Terima kasih.

Arief Ramadhan Seorang Blogger Pekanbaru Penikmat Kuliner & Wisata. SEO Expert Pekanbaru & Digital Marketing Pekanbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *