Arief Ramadhan Seorang Blogger Pekanbaru Penikmat Kuliner & Wisata. SEO Expert Pekanbaru & Digital Marketing Pekanbaru.

Instagram Shopping Selalu Ditolak, Cari Tau Penyebabnya Berikut Ini

2 min read

Penyebab Instagram Shopping Ditolak

Penyebab Instagram Shopping Ditolak – Menggunakan fitur Instagram Shopping memang sangat baik untuk peningkatan toko online Anda. Namun untuk mengaktifkannya terkadang ditemukan kesulitan. Memang ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi saat ingin mulai mengaktifkannya. Apabila Anda tidak memenuhi persyaratan yang ada, maka otomatis permohonannya akan ditolak. Berikut ini beberapa penyebab Instagram Shopping ditolak beserta solusinya :

Penyebab Instagram Shopping Ditolak

Belum Memiliki Akun Bisnis di Facebook

Hal yang pertama dilakukan adalah memastikan apakah Anda telah memiliki akun bisnis atau fanpage Facebook. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan pada langkah awal. Nantinya Instagram Shopping juga akan diatur melalui Facebook bisnis.

Produk yang Dijual Tidak Memenuhi Syarat

Ketika akan mengaktifkan Instagram Shopping, maka Anda akan diminta membuat catalog produk pada Facebook. Bisa jadi yang membuat Instagram Shopping ditolak karena produk yang Anda masukan di catalog tidak memenuhi persyaratan. Produk yang dijual di dalam catalog haruslah berupa benda fisik, Anda tak dapat memasukan jasa dalam Instagram Shopping.

Selain itu produk fisik yang dijual harus memenuhi syarat ketentuan dari Facebook dan Instagram. Karena ada beberapa barang yang penjualannya dibatasi atau bahkan dilarang dijual pada Facebook dan Intagram Shopping.

Belum Memiliki Facebook Account Manager / Facebook Ads Representative

Ketika Anda ingi nmengaktifkan Instagram Shopping, maka Anda harus memiliki Facebook Account Manager atau Facebook Ads Representative. Jika akun Facebook Anda dinilai dapat memberikan keuntungan bila memiliki akun Facebook Account Representative, maka Anda akan dihubungi untuk mendapatkannya. Setelah memiliki Facebook Account Representative, baru kemudian Anda bisa mengaktifkan Instagram Shopping.

Tidak Mengikuti Peraturan dari Facebook

Ingat bahwa untuk mengaktifkan Instagram Shopping,akun Facebook dan akun Instagram Anda haruslah memenuhi beberapa persyaratan. Pastikan Anda sudah memenuhi persyaratan yang diberikan. Persyaratan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

  • Patuhi kebijakan kami (Comply with our policies)

Akun dan Halaman Facebook yang Anda miliki haruslah mematuhi Ketentuan Layanan Facebook, Ketentuan Komersial dan Standar Komunitas. Serta akun Instagram yang Anda miliki harus mematuhi Ketentuan Penggunaan dan Panduan Komunitas Instagram.

Apabila Anda tidak mematuhi kebijakan tersebut, termasuk Perjanjian Pedagang, Kebijakan Perdagangan, Kebijakan Iklan dan Halaman, Kebijakan Grup dan Acara, makadapat mengakibatkan hilangnya akses ke Facebook Commerce, fitur Commerce, atau dapat menyebabkan akun Anda dinonaktifkan.

  • Mewakili bisnis Anda dan domain Anda (Represent your business and your domain)

Akun Facebook maupun Instagram Anda harus berisikan produk yang dapat langsung dibeli pada situs website bisnis Anda sendiri. Pelanggan nantinya akan dapat langsung terkoneksi melakukan pembelian di situs website bisnis Anda.

Jika Anda ingin mengarahkan pembeli dari Facebook Commerce ke situs web di pasar atau marketplace, maka Anda harus memberi Facebook alamat url atau link halaman website yang tidak dipersingkat.

  • Berada di pasar yang didukung (Be located in a supported market)

Akun Facebook serta akun Instagram Anda harus berlokasi di salah satu pasar yang didukung untuk menggunakan Facebook Commerce. Tetapi tenang saja, saat ini Indonesia merupakan termasuk pasar yang telah di dukung oleh Facebook. Bila Anda berasal dari negara lain maka cari tau apakah negara tersebut termasuk pasar yang di dukung oleh Facebook.

  • Menunjukkan kepercayaan (Demonstrate trustworthiness)

Akun Facebook dan akun Instagram Anda haruslah menunjukan bisnis yang terpercaya dan kredibel. Pihak Facebook maupun Instagram akan mengecek apakah akun Anda tersebut otentik, memiliki followers yang memadai dan followers tersebut benar-benar aktif terhadap produk yang Anda jual.

  • Memberikan informasi yang akurat dan ikuti praktik terbaik (Provide accurate information and follow best practices)

Informasi produk yang diberikan di Facebook Commerce dan Instagram Shopping haruslah jelas. Informasi mengenai produk yang Anda jual harus berupa Informasi yang benar. Anda juga perlu menjelaskan tentang kebijakan pengembalian uang dan pengembalian barang apabila ada complain dari pelanggan, Anda menampilkannya pada akun Facebook, Instagram serta website bisnis Anda.

Pastikan Akun Bisnis Instagram Anda Sudah Link ke Facebook Page

Terkadang hal ini bisasaja terlewat oleh Anda. Pastikan setelah Anda membuat fanpage Facebook, hubungkan akun bisnis Instagram Anda dengan Halaman Facebook. Pastikan juga bahwa akun Instagram Anda telah menjadi Instagram bisnis dan telah untuk mengaktifkan penggunaan fitur Instagram Shopping.

Apabila Instagram Shopping Anda masih tetap belum disetujui atau instagram shopping ditolak terus, Anda dapat mengecek beberapa hal berikut ini:

  1. Cek ke marketplace yang Anda hubungkan dengan Instagram Shopping.
  2. Cek kembali apakah produk yang diajukan tidak melanggar commerce policies.
  3. Bila Anda tidak bisa juga mengaktifkan Instagram Shopping, bisa mengisi form untuk complain ke Facebook.

Memang tidak mudah untuk mengaktifkan Instagram Shopping sendiri. Tapi tenang saja, Anda dapat memanfaatkan layanan Solusi Instagram Shopping TokoTalk (SIST). Layanan SIST ini akan membantu Anda membuat dan memiliki Instagram Shopping. Anda hanya perlu mendaftarkan dan menunggu antrean untuk dilayani oleh tim TokoTalk. Selanjutnya Anda akan dibantu oleh Tim TokoTalk untuk setiap langkah-langkah yang diperlukan dalam pengaktifan Instagram Shopping. Jika ingin lebih cepat dilayani, Anda bisa mengajak teman penjual online lainnya untuk bergabung SIST. Setelah itu nomor antrean Anda akan dinaikan dan dilayani lebih cepat.

Cara mengaktifkan Instagram Shopping perlu memiliki website bisnis sendiri. Anda dapat pula mendapatkan website untuk bisnis Anda secara gratis dan mudah dengan TokoTalk. Lewat TokoTalk, Anda bisa mendapatkan website yang mudah pengoperasiannya, cepat serta aman sehingga dapat diandalkan oleh pelanggan. Yuk tunggu apalagi, Anda tak perlu pusing mengaktifkan Instagram Shopping hanya dengan mendaftar ke SIST sekarang juga.

Arief Ramadhan Seorang Blogger Pekanbaru Penikmat Kuliner & Wisata. SEO Expert Pekanbaru & Digital Marketing Pekanbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *