Cara Blokir Website di Mikrotik Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk tahu bagaimana cara blokir website di mikrotik. Mikrotik sendiri memang mempunyai banyak sekali fitur yang bisa kita manfaatkan sebagai pengguna website. Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan dengan mikrotik adalah memungkinkan kita utuk memblokir website tertentu. Contoh dari penggunaan blokir pada mikrotik ini adalah misalnya sebuah perusahaan seperti sribulancer ingin supya sistemnya aman sehingga mereka memblokir situs yang mengandung malware. Pada kesempatan kali ini kami ingin menunjukkan kepada anda bagaimana cara memblokir website menggunakan firewall mikrotik menggunakan parameter TLS Host. Simak langkah-langkahnya:

Langkah 1

Cara memblokir website ini bisa terbilang baru, untuk router os ver 6.41.1 bisa kita temukan parameter baru yaitu TLS Host yang mana matcher nya bisa kita gunakan untuk memblokir situs website tertentu sesuai yang kita inginkan. Yang pertama adalah pilih chain forward dan tentukan SRC adress lalu pada bagian matcher protocol pilihlah TCP. Anda bisa menggunakan matcher TLS Host dan anda juga perlu untuk menentukan protokol mana yang akan difilter. Kenapa menggunakan TCP? Karena kita akan memblokir situs website yang dimana untuk mengakses website itu membutuhkan sebuah prorotokl http atau https, dan kedua protokol itu masuk ke dalam TCP.

Langkah 2

Cara blokir website di mikrotik yang kedua adalah anda bisa masuk ke tab Advanced. Kemudian pada parameter TLS Host nanti anda bisa mengisikan dengan nama website atau nama situs yang anda ingin blokir sehingga tidak bisa diakses. Misalnya saja anda ingin memblokir situs Youtube, maka isikan form kosong itu dengan alamat situs Youtube. Kemudian berpindah pada tab action, jangan lupa pilih drop. Jika sudah tekan Apply dan kemudian anda bisa mengujinya. Cara menguji apakah cara ini berhasil atau tidak sangatlah mudah, yaitu anda hanya perlu untuk mengunjungi laman yang tadi anda blokir, jika ketika anda sudah masuk laman tersebut sudah tidak bisa diakses atau muncul tulisan this site can’t be reached maka artinya sudah berhasil.

Cara lainnya untuk blokir website di mikrotik

Tadi kami sudah menunjukkan cara blokir website di mikrotik dengan mudah dan cepat menggunakan TLS Host, sebenarnya ada beberapa cara lainnya sehingga anda bisa memblokir situs atau website lainnya menggunakan mikrotik. Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk memblokir website atau situs tertentu di mikrotik adalah anda bisa menggunakan parameter content yang ada pada firewall filter ataupun raw mikrotik router os. Cara ini juga sama mudahnya dengan cara yang sudah kami jelaskan tadi.

Kemudian cara kedua yang bisa anda lakukan selain memblokir melalui TLS Host dan juga melalui parameter content, maka anda juga bisa memblokir website menggunakan 7 layer protocol. Cara ini bisa terbilang cukup rumit dibandingkan dua cara yang sudah kami sebutkan tadi. Namun memiliki kelebihan yaitu bisa melakukan pemeriksaan secara lebih detail lagi sehingga tentu saja akan lebih aman. Namun cara blokir menggunakan 7 layer protocol ini juga memiliki kekurangan yaitu akan menggunakan lebih banyak resource router. Jadi pertimbangkan mana cara yang menurut anda sederhana dan bisa anda pahami, sehingga anda bisa memproses blokir di mikrotik dengan cepat.

Itu tadi yang bisa kami sampaikan mengenai cara memblokir website atau situs tertentu di mikrotik. Semoga artikel yang kami sampaikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya!

Sumber : https://www.sribulancer.com/id/cat/jasa-pembuatan-website

Tinggalkan komentar