Arief Ramadhan Seorang Blogger Pekanbaru Penikmat Kuliner & Wisata. SEO Expert Pekanbaru & Digital Marketing Pekanbaru.

Teknologi Baru, Begini Cara Praktis Penggunaan Kode QR untuk Berbagi

1 min read

Cara Praktis Penggunaan Kode QR

Teknologi Baru, Begini Cara Praktis Penggunaan Kode QR untuk Berbagi – Dunia teknologi saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Berbagai informasi yang dulunya sangat susah untuk didapatkan karena keterbatasan akses, sekarang ini telah mengalami perkembangan melalui dunia teknologi. Ilmuan telah berhasil menciptakan hal yang dapat memudahkan segala akses penyajian dan pemberian informasi dengan bantuan teknologi. Sekarang ini mungkin sudah tidak asing lagi dengan penginputan data pada mesin kasir yang hanya menggunakan barcode dalam kemasan produk.

Hampir sama dengan konsep barcode, kode QR juga digunakan untuk melakukan input data. Awalnya kode QR ini hanya digunakan pada lingkungan otomotif, yakni untuk melakukan pelacakan pada bagian rangkaian dari sebuah kendaraan. Saat ini penggunanya semakin luas, kode QR ini bisa digunakan untuk menyebarkan alamat website, alamat email, nomor telepon, data, dan juga pembayaran. Lalu bagaimana caranya? Kali ini kami akan merangkum cara praktis penggunaan teknologi baru kode QR di android, simak ulasan Sudutpc.com berikut.

Menggunakan Fitur Google Lens

Untuk dapat mengakses dan menggunakan kode QR ini kalian bisa menggunakan bantuan Google Lens. Fitur ini merupakan salah satu fitur bawaan yang telah tersedia di smartphone android kalian. Dengan bantuan fitur ini kalian bisa melakukan scan kode QR dengan praktis dan mudah.  Biasanya fitur ini terdapat pada menu Google Assistant yang ada di android.

Langkahnya cukup mudah, pertama kalian perlu masuk ke Google Assistant kemudian menekan fitur Google lens. Setelah itu arahkan kamera HP kalian pada barcode atau kode QR yang akan kalian akses. Kedua, pastikan muncul sebuah lingkaran kecil pada barcode atau kode QR dan klik pada lingkaran tersebut. Ketiga, kalian akan mendapatkan informasi yang terdapat di barcode atau kode QR akan muncul.

Gunakan Aplikasi Scanner kode QR

Selain menggunakan fitur Google lens teknologi baru kode QR di android di atas, kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi khusus scan barcode atau kode QR. Di google playstore sudah banyak sekali aplikasi yang diciptakan untuk membaca barcode atau kode QR. Salah satunya ialah aplikasi QR & Barcode Scanner, dengan aplikasi ini kalian bisa membaca data yang terdapat di balik kode tersebut.

Berikut ini langkah yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan bacaan dari aplikasi mesin scanner barcode atau kode QR. pertama, tentu kalian harus memasang aplikasi ini terlebih dahulu, setelah itu masuk dan buka aplikasi. Kedua, pilih menu pindai dan arahkan kamera menuju kode QR kalian, aplikasi ini akan melakukan scanning. Setelah proses scanning selesai informasi akan kalian dapatkan teknologi baru kode QR di android.

Menggunakan Bantuan Situs Website

Jika kedua cara di atas memanfaatkan bantuan kamera untuk melakukan pembacaan kode QR atau barcode, langkah yang terakhir ini kalian tidak perlu menggunakan kamera. Kalian hanya perlu untuk mengakses situs website onlinebarcodereader.com untuk dapat melakukan scanning kode QR atau barcode. Untuk menggunakan layanan ini kalian perlu mengupload gambar barcode dan tunggulah proses scanning selesai.

Itulah ketiga cara mudah dan praktis yang bisa kalian lakukan untuk menggunakan teknologi baru kode QR di android. Penggunaan kode QR ini sangat membantu dalam beragam akses. Hampir kebanyakan aplikasi sudah menyediakan fitur kode QR ini. Untuk bisa mendapatkan kode QR ini kalian hanya perlu untuk meminta akses kode QR pada aplikasi yang ingin kalian dapatkan kode Qrnya, setelah itu tinggal bagikan ke orang yang kalian tuju.

Artikel lainnya: Cara memperbaiki hardisk bad sector

Arief Ramadhan Seorang Blogger Pekanbaru Penikmat Kuliner & Wisata. SEO Expert Pekanbaru & Digital Marketing Pekanbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *