Cara Mengerjakan Tugas Kelompok Yang Efektif

Bagaimana cara mengerjakan tugas kelompok yang efektif? Pada artikel kali ini, AriefRamadhan.com ingin sekali berbagi tips bagi adik – adik yang diminta oleh gurunya untuk mengerjakan tugas sacara berkelompok.

Tentunya, dahulu admin juga mengalami beberapa hal yang tidak mengenakkan ketika mengerjakan tugas kelompok dengan teman – teman sekelas. Yang akhirnya, masalah demi masalah akhirnya muncul. Bahkan dimulai dari masalah yang sepele saja.

Terkadang ada teman yang merasa pembagian tugas tidak adil, ada yang merasa bahwa beban tugas dirinya terlalu berat. Hal – hal yang seperti ini yang akan membuat hasil dari kerjan kolompok tidak akan maksimal.

Untuk itu, adik – adik bisa mengikuti beberapa tips dari Admin dibawah ini, simak sehingga kamu mendapatkan pengetahuan terbaru ya. Berikut yang dapat kamu lakukan.

Cara Mengerjakan Tugas Kelompok Yang Paling Efektif

Pembagian Tugas Yang Adil

Pembagian Tugas Yang Adil
Pembagian Tugas Yang Adil

Ketika kamu ditujuk sebagai ketua kelompok, maka hal yang paling urgent adalah bagaimana membagi tugas secara adil. Ingat ya, bagi sama rata belum tentu adil. Adil disini dalam artian tugas yang diberikan sesuai dengan kemampuannya. Sehingga tiap – tiap individu bisa fokus mengerjakan tugas kelompok yang sesuai denga keahliannya.

Ketika sudah seperti itu, pekerjaan tiap individu akan semakin maksimal. Dan ketika digabungkan dengan kerjaan teman lainnya, akan menjadikan pekerjaan kelompok yang maksimal pula. Begitulah cara mengejakan tugas kelompok yang efektif yang bisa adik – adik praktikkan.

Mengenali Karakter Tiap Individu

Mengenali Karakter Tiap Individu
Mengenali Karakter Tiap Individu

Nah, sebelum kamu membagi tugas secara adil. Sebagai ketua ataupun pemimpin kelompok hal yang penting juga yang perlu kamu miliki adalah bagaimana kemampuan kamu untu mengenali karakter tiap – tiap individu dalam kelompokmu.

Setelah itu, kamu dapat membagikan tugas secara adil sesuai dengan passion masing – masing. Dan kamu juga dapat melalukan pendekatan emosial terhadap teman – teman kelompok kamu, ketika kamu sudah dapat mengenali karakter tiap individunya.

Dengan begitu, kamu akan semakin mudah untuk mengarahkan teman – teman kelompokmu agar lebih produktif lagi dalam menyelesaikan tugas kelompok yang diberikan.

Pahami Teman Yang Memiliki Kemampuan Lebih

Pahami Teman Yang Memiliki Kemampuan Lebih
Pahami Teman Yang Memiliki Kemampuan Lebih

Selanjutnya, kamu harus memiliki kemampuan dan kepekaan terhadap teman kelompok kamu yang memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan oleh teman – teman kelompok lainnya. Ajak teman yang memliki kelebihan tersebut untuk sama – sama membimbing teman sekelompok yang mungkin memiliki kemampuan standar.

Jangan jadikan kelebihan dalam kelompok menjadi ajang pamer atau sebagai ajang pembuktian bahwa “aku” lebih daripada “kalian”. Sebisa mungkin hindari hal – hal seperti itu.

Tetapkan Konsekuensi

Tetapkan Konsekuensi
Tetapkan Konsekuensi

Hal terakhir yang perlu disepakati adalah masalah konsekuensi ataupun punnishment bagi anggota kelompok yang tidak dapat mengerjakan tanggung jawabnya dengan baik. Sebagai ketua kelompok, hendaknya kamu menetapkan terlebih dahulu dan mendiskusikannya kepada anggota kelompok mengenai konsekuensi yang didapatkan ketika anggota kelompok tidak menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya.

Dan tentunya harus ada kesepakatan juga dari anggota kelompok dan menerima dengan lapang dada mengenai keputusan yang telah disepakati. Dan tentunya melaksanakan tugas dengan sebaik – baiknya, dan menghadapi konsekuensi ketika tidak menyelesaikan tugasnya.

Kesimpulan

Sebagai orang mendapatkan amanah untuk menjadi ketua kelompok memang memiliki tanggung jawab yang lebih, salah satunya adalah harus memiliki sifat sabar, adil dan bertanggung jawab. Mampu berkomunikasi dengan baik ke semua anggota kelompok, dan juga dapat mengambil keputusan yang tepat.

Begitulah cara mengerjakan tugas kelompok yang efektif yang bisa Admin sharing disini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi adik – adik yang membaca. Terima kasih sudah berkunjung ke artikel ini.

Tinggalkan komentar