Arief Ramadhan Seorang Blogger Pekanbaru Penikmat Kuliner & Wisata. SEO Expert Pekanbaru & Digital Marketing Pekanbaru.

ASUS ROG Phone 3, Pantaskah Disebut HP Sultan?

10 min read

ASUS ROG Phone 3, HP Gaming Para Sultan

ASUS ROG Phone 3 – Menjadi penyedia konten di era digital saat ini sudah seperti menjadi kewajiban bagi mereka yang melek dengan dunia digital. Ada banyak sekali konten digital yang bisa kita bagikan kepada khalayak ramai, baik yang informatif ataupun hanya sekedar have fun saja. Kembali lagi kepada pribadi masing – masing, jalan ninja mana yang akan dipilih.

Terkadang, ada kendala yang paling sering dirasakan oleh mereka yang ingin memulai memproduksi konten digital yaitu masalah device yang mereka gunakan.

Padahal, untuk memulai sesuatu itu tidak perlu mahal ataupun menggunakan device yang mumpuni. Namanya juga baru memulai, lakukan dengan hal yang sederhana, masalah hasil biarkan orang yang menilai. Tugas penyedia konten ada produksi dan produksi, itu sudah cukup.

Misal, kamu adalah seorang gamer. Kamu memiliki kemampuan yang cukup lumayan, tetapi tidak di dukung oleh device yang mumpuni kamu tetap bisa memproduksi konten gaming kamu dan kemudian kamu upload ke channel gaming kamu, sembari mengumpulkan pundi – pundi rupiah untuk meminang hp sultan seperti ASUS ROG Phone 3 yang baru – baru ini diperkenalkan ASUS Indonesia.

Perkembangan E-Sport Dunia Tahun 2020

Berdasarkan data yang disajikan oleh Newzoo, pasar game global menghasilkan pendapatan sebesar $159,3 miliar pada tahun 2020. Peningkatan sebesar 9,3% dari tahun sebelumnya.

Adapun yang menyebabkan pertumbuhan yang signifikan di tahun ini terhadap game adalah akibat dari lockdown COVID-19, yang mana mendorong banyak orang untuk bermain game.

Game seluler (baik di smartphone dan tablet) tetap menjadi segment terbesar di tahun 2020 ini. Dimana dengan pendapatan sebesar $77,2 miliar dan tumbuh 13,3% dari tahun sebelumnya. Perkembangan ekosistem game mobile ini berada pada negara berkembang di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah. Namun, Amerika, Eropa dan China juga akan mengalami pertumbuhan yang pesat.

Untuk pasar Asia Pasifik sendiri, akan menghasilkan $78,4 miliar di tahun 2020 ini dengan kenaikan 9,3% dari tahun sebelumnya. Merupakan peyumbang hampir setengah dari semua pendapatan global.

Global Games Market Tahun 2020
Global Games Market Tahun 2020. Sumber : https://newzoo.com.

Untuk itu, sudah sepantasnya bahwa industri E-Sport itu sendiri juga berkembang dengan pesat. E-Sport merupakan permainan video game yang bersifat kompetitif, dimana sebelumnya E-Sport hanya identik dengan game di PC dan konsol, tetapi kini sudah merambah pada ranah game mobile.

Apakah Device Mendukung Performa Bermain Game?

Winner Winner Chicken Dinner
Winner Winner Chicken Dinner

Untuk menjadi seorang gamer profesional memang butuh jam terbang yang sangat tinggi. Tentunya, untuk mencapai titik dimana kita bisa dikatakan sebagai seorang master gaming, tentunya membutuhkan perjuangan yang tidak ringan pula. Banyak aral rintangan untuk mencapai titik tersebut. Selain itu, tentunya kita harus di dukung oleh device yang mumpuni pula dalam bermain games.

Kedua point antara pengalaman dan device sangat berpengaruh terhadap kemampuan gaming kamu. Untuk itu, sudah saatnya kamu memilih device yang mumpuni pula untuk kegiatan gaming kamu.

“Gamers adalah orang yang mengendalikan permainan, bukan dikendalikan sebuah permainan.”

~ Quotes

Mitos – Mitos Bermain Game

Ada banyak sekali mitos dan dampak buruk yang beredar di masyarakat tentang bermain game. Mulai dari bermain game dapat menyebabkan tindakan kekerasan, bermain game menyebabkan kecanduan, bermain game menyebabkan orang menjadi antisosial, bermain game hanya membuang waktu saja, dan masih banyak yang lainnya.

Menurut hemat saya, semua itu memang bisa terjadi tergantung dari sisi pribadi di gamers tersebut. Seberapa besar dia melarutkan dirinya kedalam sebuah permainan tersebut. Karena, banyak juga manfaat bermain game salah satunya melatih kesabaran diri dan juga dapat melatih diri menjadi seorang profesional gamer dan mengikuti pertandingan E-Sport dan memenangkannya.

“Semua gamer pasti pernah kalah. Setiap kekalahan bukan dijadikan alasan untuk putus asa, melainkan untuk dijadikan proses pembelajaran untuk menjadi lebih baik lagi.”

~ Quotes

Lakukan Hal Berikut Untuk Menjadi Gamer Profesional

Untuk menjadi seorang gamer yang profesional memang tidak mudah, kalian harus melalui rangkaian – rangkaian yang harus kalian lewati. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dan ini merupakan opini pribadi saya sendiri.

Luruskan Niat

Yang pertama harus kalian lakukan dan perbaiki adalah niat. Karena setiap pekerjaan apapun wajib yang pertama kali dilakukan adalah niat. Perbaiki niat kalian ketika bermain game itu tujuannya untuk apa? Karena dengan niat tersebut, kamu bisa fokus untuk mencapai target kamu.

Fokus di 1 Game Saja

Banyak para pemula yang tidak fokus, akhirnya mencoba banyak game yang dimainkan. Akhirnya tidak satu game pun yang mahir mereka mainkan. Seperti kata pepatah “hapal kaji karena diulang“. Untuk itu, tetap fokus pada 1 jenis game saja yang kalian mainkan sehingga kalian mahir dan menjadi gamers profesional seperti yang kalian inginkan.

Tekun Berlatih

Ala bisa karena biasa, begitu kata pepatah pula. Dengan tekun berlatih, kamu akhirnya membuat dirimu terbiasa dan ahli dalam game yang kamu mainkan tersebut. Untuk itu, rutin berlatih adalah kunci untuk menjadi seorang profesional gamer.

Bentuk Tim

Untuk menghadirkan semangat berlatih, bentuklah tim yang solid untuk mendukung kamu menjadi seorang profesional gamers. Ketika sudah terbentuk tim yang solid dalam 1 jenis game, itu akan membuat kamu untuk semangat berlatih untuk mencapai target kamu menjadi seorang gamers yang profesional. Dan dengan tim juga kamu dapat berlatih dengan tim lawan lainnya.

Ikutan Kompetisi

Untuk mengasah kemampuan kamu, selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti kompetisi. Dengan begitu, kamu dapat menguni seberapa solid tim yang sudah kamu bangun. Sebarapa besar kemampuan tim kamu dalam menghadapi tim lawan. Memang, bisa jadi tidak langsung juara, tetapi dengan mengikuti kompetisi – kompetisi akan melatih kamu untuk menjadi sang juara.

ASUS ROG Phone 3, HPnya Para Sultan

ASUS ROG Phone 3
ASUS ROG Phone 3

ASUS kembali memperkenalkan produk terbarunya untuk menyasar para gamer enthusiast yaitu ASUS ROG Phone 3. Sebelumnya sukses dengan ASUS ROG Phone 1 dan ASUS ROG Phone 2 nya. Smartphone ini digadang – gadangkan sebagai HPnya para Sultan Gamer.

ASUS ROG Phone 3 ini memang dirancang untuk para hardcore mobile gamer, dimana hadir dengan performa yang powerfull dan dilengkapi dengan fitur – fitur yang tidak ada di smartphone lainnya.

ASUS ROG Phone 3 juga mengklaim bahwa dianya lah satu satunya smartphone yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform, yang mana merupakan device yang powerfull saat ini.

Snapdragon 865 Plus

Qualcomm Snapdragon 865 Plus
Qualcomm Snapdragon 865 Plus

Untuk menghadirkan pengalaman gaming yang wah kepada pengguna ASUS ROG Phone 3, untuk itu dihadirkan pula Snapdragon 865 Plus pada ASUS Rog Phone 3 ini. Dengan hadirnya berbagai fitur gaming yang premium, salah satunya adalah Snapdragon Elite gaming yang akan menjadikan smartphone ini menjadi dambaan para gamer profesional maupun pemula.

Selain itu, ASUS ROG Phone 3 ini juga dibekali dengan sistem pendingin yang baru dan lebih canggih dari sebelumnya. Adapun sistem pendingin ini diberi nama GameCool 3 yang mana dapat menemani bermain game kamus eharian tanpa takut adanya kendala dalam performa bermain game.

Layar 6,59 Inci & Refresh Rate 144Hz

Layar 6,59 Inci & Refresh Rate 144Hz
Layar 6,59 Inci & Refresh Rate 144Hz

ASUS ROG Phone 3 hadir dengan layar yang berukuran 6,59 inci dengan refresh rate 144Hz. Memiliki touch latency 25ms dan response time 1 ms, ini menjadi senjata utama para gamers untuk selalu menggunakannya.

ASUS ROG Phone 3 juga memiliki tingkat reproduksi warna yang akurat dengan Delta E kurang dari satu poin. Ini akan membuat para gamer dapat bereaksi dengan cepat dan akurat serta dapat merasakan dunia game yang lebih imersif.

Selain untuk gaming, ASUS ROG Phone 3 juga dilengkapi dengan teknologi 10-bit display dan HDR10+ yang selain membuat smartphone ini terbaik untuk gaming juga untuk menikmati konten – konten multimedia, seperti streaming movie dan sejenisnya.

Baterai Besar, 6000 mAh

Baterai Besar, 6000 mAh
Baterai Besar, 6000 mAh

Untuk mendukung durasi bermain game kamu lebih lama, ASUS ROG Phone 3 kembali hadir dengan kapasitas baterai yang sangat besar yaitu 6000 mAh. Tidak ada peningkatan besar kapasitas dengan tipe sebelumnya.

ASUS ROG Phone 3 ini juga dilengkapi dengan sistem pengaturan baterai khusus yang memungkinkan para gamer dapat melakukan pengaturan sendiri dalam mode penggunaan baterainya. ASUS juga menghadirkan mode pembatasan dalam hal pengisian baterai. Disini para gamer dapat melalukan isi ulang batarai secara terus – menerus tanpa mengurangi durabilitas baterai secara keseluruhan.

Berdasarkan pengalaman salah satu teman yang sudah menggunakan ROG Phone 3, untuk mengisi daya baterai dari 25% ke 100% hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 jam saja. Waauuw, luar biasa ya. Ini karena ROG Phone 3 juga mengadosi sistem fast charging untuk pengisian daya baterainya.

Khusus Untuk Kamu Para Gamer

ASUS ROG Phone 3 kembali hadir untuk memanjakan para gamer dalam bermain game. Hadirnya fitur AirTrigger 3 juga memberi tambahan gesture baru yang dapat dimanfaatkan saat bermain game termasuk swipe dan dual-partition button emulation yang memungkinkan penggunanya memiliki kontrol penuh terhadap semua game yang dimainkan.

Hadir juga motion sensor yang dapat digunakan sebagai kontrol tambahan, dimana juga memungkinkan gamer untuk berinteraksi dengan cara menggerakkan smartphone ke depan dan belakang.

ASUS ROG Phone 3 juga hadir dengan side-mounted USB-C yang mana digunakan untuk mengkoneksikan aksesoris sekaligus charger. Aksesoris yang bisa dikoneksikan seperti AeroActive Cooler 3 yang dapat dipasang melalui port khusus tersebut dan menawarkan konektivitas ekstra berupa 3,5mm jack audio dan konektor untuk pengisian daya baterai.

Kualitas Audio Lebih Baik

Kualitas Audio Lebih Baik
Kualitas Audio Lebih Baik

Untuk menghasilkan kualitas suara terbaik, ROG Phone 3 menggandeng Dirac untuk menghadirkan audio yang lebih baik dari generasi sebelunya. Akhirnya, ROG Phone 3 mendapatkan skor yang sangat tinggi yaitu 75 poin oleh DXOMARK Audio Review.

Suara terbaik ketika bermain game juga hadir berkat dari Game Mode terbaru yang dapat meningkatkan efek suara di dalam game dan membuat pengalaman gaming lebih terasa nyata. Selain itu, ROG Phone 3 juga didukung oleh teknologi Qualcomm aptX™ Adaptive yang menghadirkan suara terbaik dengan minim latency saat menggunakan headphone nirkabel melalui bluetooth.

Didukung Aksesoris Terbaik

Untuk mendukung pengalaman gaming para gamer pemula maupun profesional, ROG Phone 3 dilengkap berbagai macam aksesoris yang dapat digunakan. Aksesoris apa sajakah itu? Izinkan kali ini saya untuk bahas fungsi dan detailnya.

Aksesoris pertama yang disediakan oleh ROG Phone 3 adalah ROG Kunai 3 Gamepad. Ini merupakan sebuah controller fisik yang bisa memberikan pengalaman bermain game lebih baik daripada menggunakan AirTrigger 3. Hadir dengan tampilan desain baru yang lebih kokoh dan fleksibel, ROG Kunai 3 Gamepad juga didukung oleh fitur key mapping melalui game genie yang kompatibel dengan berbagai macam game.

ROG Kunai 3 Gamepad
ROG Kunai 3 Gamepad

Selanjutnya ada aksesoris yang bernama TwinView Dock 3 yang berfungsi untuk menampilkan dua layar sekaligus saat bermain game. Aksesoris ini juga dilegkapi dengan kipas dan baterai yang berkapasitas 5.000 mAh dan juga dengan layan yang memiliki refresh rate 144Hz yang sama dengan ASUS ROG Phone 3 itu sendiri.

Untuk mengetahui game apa saja yang kompatibel dengan TwinView Dock 3 ini bisa kamu temukan jawabannya melalui aplikasi Armoury Crate.

TwinView Dock 3
TwinView Dock 3

Dengan ROG Clip kamu dapat menggabungkan contoller DualShock 4, XBOX One atau Google Stadia jika kalian memiliki itu semua. Hanya pasangkan saja ROG Clip pada salah satu controller dan tempatnya device ROG Phone 3 pada dudukan yang disediakan. Dan kamu seakan bermain di konsol dengan menggunakan ROG Phone 3.

ROG Clip
ROG Clip

Selanjutnya ada aksesoris yang diberi bama AeroActive Cooler 3 yang mana ini tidak bisa dipisahkan dengan ROG Phone 3. Karena, aksesoris ini menawarkan performa pendinginan yang lebih baik dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah.

Pada AeroActive Cooler 3 juga dilengkapi dengan USB Type-C yang berfungsi untuk pengisian daya baterai dan juga ada lubang 3.5mm jack audio untuk kamu menggunakan headphone.

AeroActive Cooler 3
AeroActive Cooler 3

Lighting Armour Case merupakan aksesoris tambahan yang membuat ROG Phone 3 terlihat lebih gahar. Dengan aksesoris ini kamu dapat menampilkan logo ROG keren yang mirip dengan AniMe Matrx pada ROG Zephyrus G14. Lighting pada Armour Case ini juga kompatibel dengan fitur Aura RGB dan tentunya dapat di kustomisasi dengan menggunakan aplikasi Armoury Crate.

Lighting Armour Case
Lighting Armour Case

Ada juga aksesoris Glass Screen Protector yang berfungsi untu melindungi ROG Phone 3 kesayangan kamu. Selain untuk melindungi dari goresan, aksesoris ini juga memiliki teknologi anti bakteri yang dapat melindungi para gamer saat memaninkan game di ROG Phone 3.

Glass Screen Protector
Glass Screen Protector

Yang terakhir ada aksesoris yang diberi nama Waist Pack dan Crossbody Pack, yang mana ini untuk menunjang penampilan kamu agar terlihat lebih trendy. ASUS faham dengan kebutuhan kamu untuk lifestyle kamu, dengan aksesoris ini kamu dapat membawa ROG Phone 3 kamu dan berbagai macam aksesoris lainnya dengan mudah saat bepergian.

Waist Pack dan Crossbody Pack
Waist Pack dan Crossbody Pack

Pengalaman Bermain Game Terbaik

Dengan dukungan fitur – fitur dan spesifikasi yang hadir pada ROG Phone 3, akan membuat pengalaman bermain game semakin seru. Bermain game akan menjadi hal yang berkesan, karena di dukung oleh device yang selalu memberikan kesan terbaik pula. ASUS ROG Phone 3 “The Most Immersive Gaming Experience”.

Berapakah Harga HP Sultan Ini?

Di Indonesia, ASUS memperkenalkan dua varian untuk ROG Phone 3. Yaitu untuk penyimpanan 128GB / RAM 8GB dan penyimpanan 256GB / RAM 12GB. Untuk harga masing – masing adalah seperti tabel dibawah ini.

SpesifikasiHarga
Penyimpanan 128GB / RAM 8GBRp. 9.999.000,-
Penyimpanan 256GB / RAM 12GBRp. 14.999.000,-

Yang kedua varian diatas bisa kamu dapatkan di toko – toko online resmi dari ASUS ataupun toko – toko resmi penjualan produk ASUS di daerah tempat kamu tinggal.

Atau kamu dapat membeli ASUS ROG Phone secara langsung melalui toko official ASUS baik melalui offline ataupun online. Dimana? Berikut informasi detail mengenai lokasi tokonya.

Offline Retail

Onilne (E-Commerce)

Kesimpulan

Kembali pada pertanyaan, pantaskan ROG Phone 3 ini disebut sebagai HP Sultan? Yups, sudah pasti jawabannya sangat pantas. Dengan harga yang segitu tidak semua orang bisa memilikinya dan tentunya didukung oleh fitur dan spesifikasi yang sepadan pula. Buat yang belum jadi sultan, plis jangan memaksakan diri untuk memiliki ROG Phone 3 ya, bisa – bisa kalian jual ginjal #eh #bercanda. Hehehe..

ROG Phone 3 merupakan device yang akan membawa kamu kepada pengalaman game yang paling mendalam. Tentunya dengan dukungan fitur – fitur yang telah dijelaskan diatas. Semoga ASUS terus berinovasi dan selalu menghadirkan device – device terbaik salah satunya di ranah Smartphone Gaming.

Berikut saya sampaikan juga data uji tes dari ASUS ROG Phone 3 menggunakan aplikasi DevCheck.

DevCheck ROG Phone 3
DevCheck ROG Phone 3
DevCheck ASUS ROG Phone 3
DevCheck ASUS ROG Phone 3

Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Phone 3

ROG Phone 3
Processor3.1 GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor
GPUQualcomm® Adreno™ 650
UIAndroid™ 10 with ROG UI
Display6.59” 19.5:9 2340×1080 (391ppi) 144Hz/1ms AMOLED HDR10+ certified;

270Hz touch sampling rate, 25ms touch latency;

650nits HBM brightness & 1000nits peak brightness, 113% DCI-P3 Delta E average <1%;

1.07 billion colors; 1,000,000:1 contrast ratio;

Front 2.5D Corning® Gorilla® 6 Glass;

TÜV Low Blue Light (Hardware Solution) and Flicker Reduced certifications for eye comfort;

Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports Glove touch)

Memory/StorageLPDDR5/UFS3.1

8GB/128GB

12GB/256GB

SD storageno SD-card reader; NTFS support for external HDD
SensorAccelerator, E-Compass, Proximity, Hall sensor*2, Ambient light sensor, in-display fingerprint sensor, Gyro, Ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press
Main Rear Camera64MP SONY IMX686 sensor, 0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2×1 OCL PDAF, LED flash
Second Rear Camera13MP, 125˚  ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera
Third Rear Camera5MP Macro, F2.0
Front Camera24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.0,

27mm equivalent focal length in 35mm film camera

Video Recording8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera)

4K (3840 by 2160) @ 30/60 fps (main rear camera), @ 30 fps (second rear camera)

1080p @ 30/60 fps; 720p @ 30 fps

3-axis electronic image stabilization for rear cameras

Time Lapse (4K)

Slow Motion video (4K @ 120 fps; 1080p @ 240/120 fps; 720p @ 480 fps)

Take still photo while recording video

SpeakerDual front-facing speakers with GameFX&Dirac HD Sound

7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect

Audio OutputHi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output) that is 4 times better than CD quality

GameFX audio system for improved in-game audio experience

New AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac

MicrophoneQuad microphones with ASUS Noise Reduction Technology
Wireless TechnologyWLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax 2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6

2×2 MIMO, Bluetooth 5.1

Wi-Fi Direct support

NavigationGNSS support GPS(L1/L5), Glonass(L1), Galileo(E1/E5a),

BeiDou(B1/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(L5)

SIM CardsDual SIM dual standby

Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

5G+4G or 4G dual SIM dual standby support

Data rate

 

Support EN-DC(6DL+FR1, 4DL+2FR1)

FR1: DL up to 4.4Gbps / UL 542Mbps

LTE 6CA DL Cat20 up to 2.0Gbps / UL Cat13 up to 150Mbps

DC-HSPA+: DL 42Mbps / UL 5.76Mbps

4×4 MIMO and CA with 4×4 MIMO support

Bands

 

5G (Bands N1, N2, N3, N5, N28, N41, N66, N71, N77, N78, N79)
FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 32, 66, 71)
TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42, 48)
WCDMA (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 19)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
CDMA (Bands BC0) (CN and HK only)
TD-SCDMA (Bands 34, 38) (CN and HK only)
InterfaceSide-port: 48 pin Customized/Type C connector USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Fast Charging (QC3.0+QC4.0/PD3.0) / Direct Charge

Bottom-port: Type C connector USB2.0/Fast Charging (QC3.0/PD3.0)/Direct Charge

NFCSupport (Card mode support in power off)
OSAndroid™ 10
Battery6.000mAh
ChargerOutput: 10V 3A, supports up to 30W QC4.0 / PD3.0 / Direct Charge adapter
Dimensions171mm, 78mm, 9.85mm
Weight240 grams

Demikian bahasan tentang ASUS ROG Phone yang dapat saya sampaikan disini, mohon maaf jika terjadi kesalahan informasi ataupun informasi yang ingin kamu ketahui masih belum kamu dapatkan disini. Apakah kamu sudah siap menjadi seorang Sultan Gamer?

Arief Ramadhan Seorang Blogger Pekanbaru Penikmat Kuliner & Wisata. SEO Expert Pekanbaru & Digital Marketing Pekanbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *