Arief Ramadhan Seorang Blogger Pekanbaru Penikmat Kuliner & Wisata. SEO Expert Pekanbaru & Digital Marketing Pekanbaru.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Promosi?

2 min read

Apakah Yang Dimaksud Dengan Promosi

Apakah yang dimaksud dengan promosi? Izinkan saya Arief Ramadhan kali ini ingin berbagi sedikit informasi mengenai hal tersebut. Semoga artikel ini membantu rekan – rekan pembaca yang masih bingung terhadap pengertian promosi, tujuan dan jenis – jenis promosi tersebut.

Silahkan disimak artikel ini hingga selesai, agar rekan – rekan benar – benar mendapatkan ilmu yang berguna untuk menambang pengetahuan rekan – rekan sekalian. Sebelumnya, terima kasih sudah mampir di artikel sedehana ini.

Pengertian Promosi

Apakah yang dimaksud dengan promosi? Promosi adalah  sebuah kegiatan yang dilakukan dalam hal memberitahukan ataupun menawarkan produk ataupun jasa agar calon konsumen tertarik untuk membeli ataupun menggunakan produk dan jasa yang kita tawarkan.

Dengana adanya promosi, si pemilik produk ataupun jasa berharap terjadinya penjualan dan juga leads – leads potensial yang nantinya dalah di followup kembali untuk menggunakan produk, jasa dan layanan yang kita miliki.

Pengertian promosi diatas adalah pengertian secara general yang bisa saja artikel. Karena, banyak sekali arti dari promosi dari berbagai sumber yang pernah saya baca. Tetapi, pengertian promosi diatas sudah mewakili apa yang selama ini saya ketaui perihal pengertian promosi.

Setelah itu, kamu juga harus tahu apa sih sebenarnya tujuan dari promosi tersebut?

Tujuan Promosi

Yang namanya tujuan sudah pasti ada target yang ingin dicapai. Begitu juga halnya promosi memiliki tujuan mulia, berikut beberapa tujuan promosi yang dirangkum dari berbagai sumber :

  • Sebagai sarana perluasan informasi dari produk yang kita tawarkan ke para calon konsumen yang potensial,
  • Menarik trafik untuk mendapatkan konsumen baru, yang nantinya diharapkan menjadi konsumen loyal,
  • Menaikkan target penjualan harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan,
  • Menaikkan laba  / keuntungan produk ataupun jasa yang kita tawarkan,
  • Menjadi pembeda antara produk dan jasa yang dijual oleh kompetitor,
  • Membranding produk dan jasa, sehingga para calon konsumen lebih percaya dengan produk dan jasa yang kita tawarkan, dan
  • Dapat merubah tingkah laku ataupun pendapat konsumen terhadap sebuah produk.

Secara garis besar tujuan dari promosi dalah meningkatkan penjualan sehingga mendapatkan laba / keuntungan yang lebih besar.

Jenis – Jenis Promosi

Ada beberapa jenis promosi yang paling banyak digunakan disaat ini, dimana saat ini dunia Digital sudah semakin merajalela. Sangat disayangkan di dunia digital ini ketika produk dan jasa yang kita tawarkan masih belum Go Digital. Berikut beberapa jenis promosi yang paling efektif dimasa sekarang ini.

Promosi Digital / Online

Untuk promosi digital / online ini mencakup banyak cara pula. Ada yang menggunakan trafik organik, ada pula yang menggunakan trafik berbayar. Ada yang menggunakan website, marketplace, ada juga yang menggunakan sosial media. Tergantung dari jenis produk dan jasa yang rekan – rekan miliki.

Untuk melakukan promosi digital / online ini, ilmu yang diperlukan adalah riset. Riset merupakan hal yang paling urgent dimiliki tiap – tiap individu yang ingin melalukan promosi secara online.

Berikut adalah beberapa jenis promosi online yang bisa rekan – rekan lakukan :

  • SEO (Search Engine Optimization),
  • Marketplace (Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll),
  • Sosial Media (Instagram & Facebook),
  • Google Ads (Search Engine Marketing), dan
  • Sosial Media Ads (Instagram & Facebook Ads).

Promosi Offline

Jenis promosi ini terkadang masih diminati untuk beberapa produk dan jasa. Jenis promosi ini bisa menggunakan banner, spanduk, flyer, maupun brosur yang dibagikan di perempatan lampu merah.

Atau, bisa juga mengikuti pameran ataupun event dan membuat booth untuk menampilkan dan menawarkan produk ataupun jasa yang kita miliki.

Kelebihan dari promosi offline ini adalah bisa menjangkau konsumen secara langsung. Para calon konsumen dapat melihat langsung produk yang kita tawarkan, dan tanya – tanya perihal jasa yang kita tawarkan pula. Kekurangan dari promosi offline ini adalah jangakauannya yang sangat terbatas. Dimana hanya terfokus pada pengunjung event tersebut saja.

Promosi Media Tradisional

Jenis promosi ini masih banyak juga dilakukan oleh pemiliki produk ataupun jasa dimasa digital saat ini. Promosi ini memanfaatkan media cetak seperti koran, tabloid, majalah, dan lainnya. Untuk media elektronik dapat melakukan promosi melalui televisi ataupun radio.

Kelebihan jenis promosi ini lebih banyak menjangkau calon konsumen dibandikan dengan jenis promosi offline.  Dan kekurang dari jenis promosi ini adalah dari segi biaya promosi yang cukup besar.

Contoh – Contoh Promosi

Berikut adalah beberapa contoh promosi yang bisa menarik pelanggan untuk segera membeli produk dan jasa yang kamu tawarkan.

  • Beli 5 Gelas, Gratis 1 Cup Es Krim,
  • Diskon 30% Untuk Minimal Belanja Rp. 100.000,-,
  • Beli 1 Pasang, Gratis 1 Pasang Sepatu,
  • Dll.

Nah, demikian sedikit sharing informasi mengenai Apakah Yang Dimaksud Dengan Promosi. Semoga informasi singkat diatas memberikan banyak pengetahuan baru kepada rekan – rekan yang sudah kiranya mampir di artikel ini. Terima kasih.

Arief Ramadhan Seorang Blogger Pekanbaru Penikmat Kuliner & Wisata. SEO Expert Pekanbaru & Digital Marketing Pekanbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *