Harga Tiket Masuk Wisata Sejarah Benteng Van Der Wijck Kebumen + Peta Lokasi

AriefRamadhan.com –┬áBenteng Van Der Wijck Kebumen |┬áBenteng Van Der Wijck adalah sebuah benteng pertahanan hindia Belanda yang sudah ada sejak zaman dulu dibangung pada abad ke 18, kini sudah dijadikan sebagai tempat sejarah yang cukup terkenal. Tempat ini terbilang ramai baik itu hari biasa maupun hari liburan. Tempat wisata ini sangat indah dan dapat memberi sensasi yang berbeda dengan kegiatan sehari-hari.

Tempat ini punya pesona keindahan yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Jika Anda berada di Kota Kebumen, tak ada salahnya jika berkunjung ke wisata sejarah yang punya keindahan tersebut. Selain itu, masyarakat sekitar juga sangat ramah terhadap para wisatawan baik lokal maupun asing.

Wisata Sejarah Benteng Van Der Wijck Kebumen ini berdiri pada tahun 1818 yang dibangun oleh Jenderal Van Den Bosch dengan luas bentengnya sekitar 3603 meter persegi dengan ketinggian benteng sekitar 9,67 meter.

Benteng Van Der Wijck Kebumen
Benteng Van Der Wijck Kebumen

Menurut sejarahnya, wisata benteng ini didirikan sebagai benteng pertahana Belanda pada bekas kantor kongsi dagang milik VOC yang letaknya di Gombong untuk persiapan melawan kesultanan Yogyakarta. Benteng tersebut dibangun selama 4 tahun, dan setelah berdiri benteng tersebut dinamakan dengan For Cochius. Nama itu merupakan nama komandan perang yang memimpin Belanda di Gombong ketika masa perang dengan pahlawan Diponegoro pada tahun 1825 hingga 1830.

Arsitektur bangunan benteng van der wijck bentunya segi delapan dengan luas permukaan mencapai 7168 meter persegi dengan tebal dindingnya mencapai 1,4 meter. Struktur benteng terdiri dari 2 lantai, yakni lantai pertama punya 4 pintu masuk serta 16 kamar yang sangat besar, dan terdapat 72 jendela. Ada 8 tangga untuk mencapai lantai 2 benteng tersebut serta 63 pintu penghubung di dalamnya.

Pada lantai 2 benteng ini punya 70 pintu penghubung, 16 kamar yang ukurannya besar, dan 84 jendela. Benteng fort cochius tersebut berubah menjadi sekolah taruna militer khusus anak eropa yang lahir di Indonesia pada tahun 1856.

Setelah kejadian tersebut, barulah nama benteng fort cochius berubah namanya menjadi benteng van der wijck. Hal ini ditujukan sebagai bentuk penghormatan terhadap jenderal Van der wijck atas jasa yang diberikan kepada pemerintah Belanda terutama dalam bidang kemiliteran.

Wisata sejarah Kebumen ini punya fasilitas dan pelayanan yang cukup lengkap, diantaranya seperti musholla, area parkir, kamar mandi, penginapan, toko makanan ringan, dan sebagainya. Semua itu bisa dinikmati para pengunjung di wisata ini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Benteng Van Der Wijck

Untuk memasuki wisata sejarah ini, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 25.000 untuk setiap orangnya. Harga ini sudah terbilang murah karena setiap pengunjung akan mendapat wawasan sejarah yang cukup banyak. Jam operasional benteng ini, mulai dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB pada setiap harinya.

Peta Lokasi Benteng Van Der Wijck

Anda harus tau lokasinya terlebih dahulu jika ingin berkunjung ke tempat ini. Lokasi benteng ini berada di Jalan Secata, Sidayu, Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Apabila Anda kesulitan menemukan lokasinya, bisa memanfaatkan aplikasi google maps pada ponsel. Untuk berkunjung ke wisata ini, Anda bisa menggunakan transportasi apapun, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Para wisatawan yang berkunjung ke wisata ini bisa mendapatkan pengalaman sejarah pada zaman dulu.

Jika Anda ingin mendapat wawasan sejarah, maka bisa berkunjung ke Benteng Van Der Wijck ini. Anda akan memperoleh banyak pengalaman sejarah yang tak terduga. Atau bagi yang ingin mencari informasi tentang destinasi wisata di Indonesia bisa cek dolanyok.com.

Leave a Comment