Ingin Anak Lebih Sehat? Perhatikan Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama Kehidupan

AriefRamadhan.com – Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama | Hai Sahabat AriefRamadhan.com. Kali ini saya akan sedikit cerita tentang sebuah acara yang saya hadiri beberapa hari yang lalu bersama dengan sahabat – sahabat Blogger Jogja dan Emak – Emak Blogger. Acara yang ditaja oleh NUB (Nutrisi Untuk Bangsa) berlokasi di Mezzanine Jogja, Jl. Palagan Tentara Pelajar KM. 8 No. 20, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

Keikutsertaan saya pada acara ini tidak lain tidak bukan adalah karena keberuntungan saya bisa masuk ke daftar peserta yang terpilih dari beberapa peserta lainnya yang mendaftar melalui sebuah informasi yang diberikan di Group Komunitas Blogger Jogja. Atau bisa jadi keberuntungan saya kerena baru saja hadir Jagoan Muzammil Kiandra Ardhan di keluarga kecil kami. Alhamdulillah, si Junior sehat wal ‘afiat. Mungkin sudah surata saya hadir sembari belajar banyak menyenai nutrisi terbaik untuk anak yang sepatutnya kita perhatikan sebagai orang tua.

Back to laptop. Sudah tau mengapa perlu memperhatikan Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama Kehidupan? Sebagai calon orang tua yang sudah dititipkan rezeki sebuah calon anak, harus memperhatikan asupan Gizi bagi si calon anak. Memperhatikan gizi anak bukan sewaktu lahir dan beranjak besar, tetapi harus diperhatikan sejak awal mula terjadi kehidupan saat pembuahan. Jika dihitung, 1000 hari itu adalah dari awal pembuahan hingga anak umur 2 tahun.

Baik, seperti apa keseruan acara yang saya ikuti bersama teman – teman? Simak yuks beberapa kegiatan yang kita lakukan selama lebih kurang 3 jam tersebut.

Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama Kehidupan

Pentingnya Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama Kehidupan memang harus ditanamkan dalam diri para calon orang tua, sehingga penyesalan tidak datang di akhir. Memperhatikan gizi sang calon anak, otomatis mempersiapkan penerus generasi yang sehat dan pintar. Karena, jika kekurangan gizi saat dalam kandungan itu bisa berakibat fatal pada perkembangan si calon anak. Ada bebera rangkaian acara yang kami ikuti, dan pastinya seru bangeet..

Cek Kesehatan Gratis

Sebelum acara dimulai, kami diberikan kesempatan untuk mengecek kesehatan terutama tekanan darah pada booth yang telah disediakan di veneu acara. Kesempatan seperti ini tidak boleh dilewatkan, lupa kapan terakhir kali cek tekanan darah. Maklum, beberapa minggu kebelakang jadwal tidur tidak baik. Jika ada hal – hal yang tidak diinginkan terjadi, bisa diatasi secara cepat. Pada booth tersebut ada 2 orang yang siap melaksankan tugas, keduanya menggunakan alat cek yang berbeda. Satunya menggunakan digital, dan satunya menggunakan manual. Kesempatan pertama saya coba yang ke digital, karena biasanya angka yang terlihat lebih real, tetapi hal lucu terjadi yaitu malah angka yang muncul malah menandakan Eror. Wkwkwkw, wah bahaya ini eror karena tidak terdeteksi apa ya?? Hahaha..

Cek Kesehatan Gratis

Gambar : http://ismyama.com/

Akhirnya saya coba pindah untuk mencoba ke Mbak yang menggunakan alat cek manual, akhirnya bisa terdeteksi walaupun agak sedikit tinggi. 120/80 adalah hasil yang saya dapatkan ketika cek, harus perhatikan waktu tidur dan makanan. Selanjutnya setelah melakukan cek kesehatan, saatnya mengikuti acara inti.

Cek Tekanan Darah

Cek Tekanan Darah | Dok. Pribadi

Talkshow Kesehatan

Pada kesempatan kali ini, kami diberikan banyak sekali insight mengenai tips dan cara memberikan nutrisi terbaik 1000 hari pertama kehidupan yang langsung dipaparkan oleh pakarnya. Yaps, dr. Endy Paryanto Prawirohartono, MPH, SpAk dan Ibu Bidan Nunik Endang Sunarsih. Masing – masing memberikan materi yang cukup menarik, pada kesempatan pertama dr. Endy Paryanto Prawirohartono, MPH, SpAk mendapat kesempatan pertama untuk memulai diskusi dengan peserta.

Talkshow Kesehatan

Talkshow-Kesehatan | Dok : Pribadi

Beliau menjelaskan begitu pentingnya mempehatikan nutrisi terbaik 1000 hari pertama kehidupan, makanan apa saja yang harus diperhatikan oleng sang ibu dan kedua orang tua sehingga gizi ke anak cukup, seperti sayuran dan sering – sering minum jus wortel untuk merangsang sang anak dalam kandungan bagaimana rasanya wortel. Sehingga pada saat MPASI (Makanan Pendamping ASI), ketika kita memberikan sayuran dan wortel anak tidak susah makan, karena si anak sudah kenal dengan rasa wortel dan sayuran.

Pemberian Asam Folat juga harus diperhatikan utuk nutrisi anak, baik secara natural atau dengan pil asam folat. Yang paling gampang adalah konsumsi pil asam folat yang bisa dibeli di apotik – apotik terdekat, dan jangan lupa juga mengkonsumsi Vitamin E. Itu yang saya dan istri lakukan tiap hari, karena pada fase kehamilan muntah dan mual sudah melekat pada sang istri. Untuk mencukupi semua gizi untuk anak mau tidak mau harus seperti ini, tetapi tetap di dukung dengan makanan sayuran dan ikan sebisanya.

Talkshow sesi kedua dilanjutkan oleh Ibu Bidan Nunik Endang Sunarsih, seorang bidan yang membantu persalinan mereka yang ingin melahirkan. Dalam kesempatan kali ini , beliau menyampaikan tentang tumbuh kembang anak. Setelah semuanya selesai memberikan pemaparan materi, dan tanya jawab dengan peserta. Selanjutnya adalah sesi Cooking Class yang dilakukan oleh pemenang  Kreasi Memasak Danone dan seorang Chef jebolan MasterChef Indonesia.

Cooking Class

Setelah acara inti, selanjutnya acara seru – seruan dan enak – enakan. Hehehe. Yaps, kali ini kita para peserta diberikan suguhan sebuah demo masak (cooking class) dari 2 orang chef hebat. Yang pertama adalah Ibu Anna pemenang Kreasi Memasak Danone yang memberikan demo bagaimana membuat Pudding Roti Susu Vanilla. Cocok diberikan kepada anak yang sudah makan untuk mendampingi gizinya.

Cooking Class

Cooking Class Bersama Bu Anna | Dok. Pribadi

Rasanya pun sangat lezat, saya sendiri sengan dengan makanan ini. Tapi ada yang kurang, iyaa kurang banyak karena cupa dapat 1 cup berebut dengan emak – emak yang lain yang sudah siap nyerbu bagian depan.

Pudding Roti Susu Vanilla

Pudding Roti Susu Vanilla | Dok. Pribadi

Sesi kedua dari demo masak ini adalah dilakukan oleh Chef Rissa Navatilova. Beliau menyebutkan, menu yang dibuat kali ini sangat mudah untuk dilakukan, dan bahan pun sangat mudah di dapatkan. Tetapi jangan dipertanyakan lagi kandungan gizinya, apalagi untuk ibu – ibu yang lagi menyusui, sangat baik di konsumsi. Menu yang dibuat adalah “Pesto Kelor”. Untuk resepnya bisa lihat langusung di IG nya Chef Rissa.

 

Here we go… RESEP masak sangat sederhana hari ini.. full gizi, sehat, mudah dibuat, mudah di dapat, ramah di saku, ayah senang😀 ibu berkarya aktif cantik 😇 si kecil sehat dan bernutrisi lengkap seimbang💖 #berkahmelimpah untuk semua🙏 Pesto KELOR: 20 gr daun kelor (bisa dicampur daun katuk) jangan lupa batangnya ditancapkan lagi ke tanah ya bu..biar numbuh-numbuh sendiri💚😊 15 gr bawang putih 15 gr parmesan 15 gr kacang almond (Bisa diganti kacang yang lain) 30 gr minyak zaitun (Perasan pertama yess…karena “lemak baik” dibutuhkan tubuh untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh dan untuk melarutkan beberapa vitamin tertentu) 20 gr minyak kelapa (Cold press akan lebih baik dan sangat banyak manfaat untuk tubuh) Seasoning: (u/ garam disesuikan selera ya..selain itu tingkat asin setiap garam berbeda) 2 sdt Garam laut 0.5 sdt Lada hitam 0.5 sdt gula . . Semua dihaluskan jadi 1, Hajarrr😚 rasa bumbu sendiri harus cukup asin ya..sebelum dicampur dengan karbo (pasta, roti, kentang) dan bahan pendamping sesuai selera (hari ini saya pakai jamur dan tomat) . Tuang bumbu pesto kelor sesuai kebutuhan.aduk rata..sajikan😊 Sangat sehat, mudah dibuat, Kaya dan beragam Nutrisi💚 @nutrisibangsa Dalam rangka Hari Gizi Nasional 2018 . @dominicrevaldi 🙏 thank you . #nutrisiterbaik1000hpk #nutrisiuntukbangsa #sarihusada#thankyou #nature#indonesia #local#ingredients #wisdom#food#awareness #love#sharing#mother#parents #ibu#cooking #cooks#cookingdemo #jogjakarta #exploreindonesia #explorejogja #chefjogjakarta #daunkelor#kelor

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rissa Navratilova (@rissa_navratilova) pada

Akhirnya, rangkaian acara pun selesai. Selanjutnya adalah acara pengumuman pemenang livetwet dan livegram yang sebelumnya sudah di informasikan kepada peserta, dan foto – foto bareng. Tapi kali ini saya gak ikutan foto – foto, keburu pulang duluan karena sudah ada panggilan dari rumah. Hehehe.

So, demikian sedikit shari dari saya mengenai Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama Kehidupan, semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu para pembaca. Mohon maaf atas segala salah dan khilaf dalam postingan ini, terutama kata yang typo membuat kamu bingung bacanya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *