Tips Komputer Agar Tidak Cepat Panas

AriefRamadhan.com – Tips Komputer Agar Tidak Cepat Panas | Memiliki komputer yang cepat panas? Apabila komputer atau laptop sering terasa panas ketika dipakai dalam jangka waktu yang lama. Tentu saja hal ini wajar adanya karena semua komponen di dalamnya teraliri listrik. Namun apabila komputer tersebut cepat panas walaupun baru sebentar menggunakannya tentu saja hal ini merupakan masalah tersendiri. Ketika terjadi masalah ini dan Anda tidak segera menanganinya. Tentu saja hal ini akan menyebabkan komputer tersebut akan mudah rusak. Untuk mengetahui mengenai tips komputer tidak cepat panas ada baiknya mulailah dengan menggunakan beberapa cara berikut ini :

  • Menjaga pentilasi yang ada

Mulailah untuk mengecek apakah saluran pentilasi udara yang ada pada komputer tersebut terhalangi sesuatu atau tidak. Biasanya apabila komputer tersebut cepat panas karena lubang pentilasinya terhalang sesuatu. Sehingga hawa panas yang dihasilkan tidak dapat langsung keluar. Sehingga akibatnya rasa panas yang berlebihan pada CPU komputer tersebut. Namun apabila hawa panas terjadi pada komputer jinjing mulailah dengan menggunakan kipas tambahan bagian bawahnya.

Tips Komputer Agar Tidak Cepat Panas

Tips Komputer Agar Tidak Cepat Panas

  • Membersihkan komputer

Pada saat CPU tersebut mengeluarkan hawa panas berlebihan. Maka yang harus dilakukan adalah melepas seluruh kabel pada CPU dan bawa keluar rumah. Bersihkan debu yang ada didalamnya. Biasanya komputer akan terasa panas yang berlebihan karena debu yang menyumbat aliran udara. Sehingga mengakibatkan perputaran udara tidak lancar dan menimbulkan hawa panas. Apabila Anda ingin mengurangi hawa panas tersebut pindahkan komputer pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang lebih lancar.

  • Membuka body CPU

Anda bisa membuka bagian belakang body CPU untuk mengurangi hawa panas yang ada pada komputer tersebut. Dengan mengurangi penutup CPU tentu saja udara yang ada didalamnya akan lebih lancar keluarnya. Memberikan kemudahan untuk mendapatkan aliran udara yang lancar. Sehingga akan menghindari adanya penyumbatan sirkulasi udara yang masuk. Anda bisa membuka bagian belakangnya namun pastikan bahwa tidak ada tikus atau hama lainnya yang masuk ke dalamnya. Tentunya dikhawatirkan akan merusak komponen yang ada didalam CPU tersebut.

  • Mengganti kipas CPU

Apabila Anda menggunakan tips komputer jangan lupa ganti kipas CPU secara berkala. Tujuannya untuk membantu kinerja kipas menjadi semakin maksimal. Perlu Anda ketahui hawa panas yang ada pada CPU bisa berakibat merusak komponen yang ada didalamnya. Hawa panas yang ditimbulkan tidak boleh didiamkan saja dan harus adanya penanganan lebih lanjut. Anda juga harus melakukan cek pada jumlah kipas yang ada pada CPU. Idealnya kipas yang dimiliki adalah dua buah. Sedangkan pada komputer jinjing bisa menggunakan Cooling Pad dengan kipas satu atau dua.

  • Hindari over clocking

Hindari adanya over clocking untuk menghindari adanya peningkatan suhu yang ada pada CPU. Anda bisa menyimak lebih jelas apa yang dimaksud dengan over clocking yang ada pada CPU. Caranya dengan mencari tahu dari internet atau pun langsung bertanya kepada teknisi komputer. Dengan demikian Anda akan mudah belajar mengenai over clocking yang ada. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kemudahan Anda dalam mengetahui software dan hardware sebuah komputer.

  • Menggunakan water cooling kit

Saat tak bisa lagi mendinginkan menggunakan fan CPU maka ada baiknya menggunakan tips komputer dengan menggantinya dengan water cooling kit. Produk ini adalah pendingin internal yang dipasang pada CPU. Biasanya produk ini berbentuk pompa yang berisi cairan yang dapat menyerap panas. Apabila pompa ini dipasang tentu saja dapat membantu dalam mendinginkan semua komponen pada komputer tersebut.

Demikian sekidit sharing tentang Tips Komputer Agar Tidak Cepat Panas, semoga dengan adanya artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu para pembaca setia blog saya.

Wordpress SEO Plugin by SEOPressor