Fenomena Gerhana Matahari Sebagai Sarana Wisata, Kenapa Tidak?

Arief Ramadhan – Gerhana Matahari Total 2016 | Berbicara tentang Gerhana Matahari, maka saya akan teringat dengan kisah – kisah sewaktu saya kecil. Setiap datangnya fenomena alam seperti ini, kita sebagai masyarakat awam pasti akan mengikuti budaya yang dilakukan masyarakat sekitar. Pada waktu saya masih kanak – kanak, ketika fenomema Gerhana Matahari datang maka kita harus memukul tong, ember atau apapun sejenisnya untuk mempercepat proses terjadinya Gerhana Matahari.

Lha, kok pada mukulin ember, kaleng dan lain – lain? Ternyata mitos yang dipercaya masyarakat pada waktu itu terjadinya Gerhana Matahari karena adanya Raksasa yang memakan Matahari tersebut, sehingga fungsi masyarakat memukul benda – benda tersebut adalah untuk mengusir si Raksasa jahat tersebut. Apakah benar? Itu hanyalah mitos yang dipercaya masyarakat awam dan saya ketika waktu kecil pun menerima dengan cepat dan ikut – ikutan memukul kaleng yang ada.

Gerhana Matahari menurut Ilmu Sains merupakan proses dimana posisi Bulan terletak diantara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Gerhana total terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.

Dalam Islam sendiri ada tata cara bagaimana menyambut fenomena Gerhana Matahari dengan melakukan Sholat Sunnat. Sholat Khusufain merupakan sholat yang dilakukan ketika terjadi Gerhana Bulan dan Matahari. Seperti disampaikan dalam Hadist Rasulullah SAW :

“Telah terjadi gerhana Matahari pada hari wafatnya Ibrahim putra Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam. Berkatalah manusia: Telah terjadi gerhana Matahari karana wafatnya Ibrahim. Maka bersabdalah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam “Bahwasanya Matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah. Allah mempertakutkan hamba-hambaNya dengan keduanya. Matahari gerhana, bukanlah kerana matinya seseorang atau lahirnya. Maka apabila kamu melihat yang demikian, maka hendaklah kamu salat dan berdoa sehingga selesai gerhana.” (HR. Bukhari & Muslim).

Gerhana Matahari Total 2016

Pada tahun 2016 ini, Indonesia akan mendapatkan suatu fenomena yang sangat langka. Karena pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang beberapa kota di Indonesia akan dilintasi fenomena Gerhana Matahari Total (GMT). Beberapa kota yang dapat melihat proses terjadinya Gerhana Matahari total adalah Lubuk Linggau, Palembang, Toboali, Koba, Manggar, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Palu, Poso, Ternate, Tidore, Sofifi, Jailolo, Kao, dan Maba.

Dikarenakan ini merupakan fenomena yang sangat langka, tidak heran jika beberapa kota tersebut menyediakan satu tempat bagi masyarakat dan wisatawan untuk menjadi saksi langsung proses terjadinya Gerhana Matahari Total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016.  Itung itung sebagai sarana promosi tempat wisata daerah tersebut.

Mungkin bagi teman – teman yang ketepatan ingin berwisata ke beberapa kota tersebut bisa memasukkan jadwal pada tanggal 9 Maret 2016 untuk mencari lokasi Nonton Bareng proses terjadinya Gerhana Matahari Total dan akan menjadi saksi langsung fenomena langka yang hanya akan terjadi selama 2 – 3 menit itu.

Jika teman – teman ingin menyaksikan langsung fenomena Gerhana Matahari Total 2016 ini, saya ada beberapa tips yang nantinya akan sangat berguna ketika kamu menunggu dan menyaksikan langsung proses terjadinya Gerhana Matahari Total ini. Berikut bebera tips iseng nya:

Persiapkan Kacamata / Filter Sebagai Pelindung Mata

Dikarenakan intensitas cahaya yang datang dari Matahari pada saat terjadinya fenomena Gerhana Matahari cukup besar, maka diperlukan filter (kacamata) yang aman dipakai untuk kita bisa melihat lansung proses terjadinya Gerhana Matahari Total ini. Jika kita tidak memakai filter / kacamata tersebut maka Intensitas Matahari yang besar tersebut dikhawatirkan akan merusak pupil mata kita, dan bisa menyebabkan kebutaan.

Persiapkan Cemilan Sebagai Teman Menunggu

Menunggu adalah satu yang membosankan, sama seperti halnya menunggu jawaban dari gebetan, duh ngomong apa sih. Karena euforia yang sangat besar untuk melihat langsung proses terjadinya Gerhana Makatari Total, sudah bisa dipastikan kamu akan datang lebih awal dari waktu yang telah di tetapkan. So, untuk menemani kebosenan kamu saat menunggu kamu bisa menyediakan beberapa cemilan kesukaan kamu sehingga nikmatnya wisata masih bisa terasakan.

Persiapkan Kamera Yang Bisa Mengabadikan Momen

Karena fenomena yang sangat langka ini, apakah kamu hanya ingin melihat saja prosesnta tanpa ingin mengabadikan momen nya? Kalau saya sih wajib keduanya. Persiapkan kamera yang bisa mengambil foto saat terjadinya peristiwa Gerhana Matahari Total pada tanggal 9 Maret 2016 kelak. Fenomena ini bukanlah fenomena yang tiap tahun bisa kamu ikutin seperti peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia. So, untuk mempersiapkan kamera sebagai pengabadi moment harus kalian fikirkan matang – matang.

Datanglah Dengan Orang Tersayang

Fenomena langka, ditemani dengan orang tersayang. Wow, langkap sudah kebahagiaan yang akan kalian dapatkan. Menyaksikan peristiwa Gerhana Matahari Total bersama dengan Istri atau Pacar tersayang, akan menjadi moment tak terlupakan yang bisa dijadikan bahan pembicaraan ke anak cucu kita kelak.

Adapun beberapa tips diatas yang saya tuliskan di Blog Arief Ramadhan ini bukanlah tips mutlak yang harus kamu lakukan. Bisa jadi kamu memiliki tips sendiri ketika kamu menyaksikan fenomena Gerhan Matahari Total 2016. Tetapi tips diatas bisa menjadi sedikit referensi bagi kamu yang malas mikir saja. Hehehe..

Indonesia itu Indah guys, akan lebih indah ketika kamu dapat travelling ke seluruh tempat di Indonesia yang tidak kalah menarik dengan temapt tempat terkenal di dunia. Apalagi ketika kamu menikmati destinasi wisata kota tersebut sembari menyaksikan fenomena langka seperti fenomena Gerhana Matahari Total ini.

Demikian artikel tentang Fenomena Gerhana Matahari Sebagai Sarana Wisata, semoga dengan hadirnya artikel ini dapat memberikan informasi lebih mengenai Fenomen Gerhana Matahari yang ternyata dapat dijadikan sarana wisata satu tempat yang dilintasi oleh fenomena Gerhana Matahari Total. Dan postingan ini juga diikut sertakan dalam Lomba Blog “Laskar Gerhana Detikcom”.

Laskar Gerhana Detikcom

Wordpress SEO Plugin by SEOPressor